Kamis, 10 Maret 2016

PLANET DALAM TATA SURYA



Hai semuanyaa… sekarang ada kategori baru yang akan dibahas oleh blog Buah Pena, yaitu kategori astronomi. Untuk postingan pertama kita akan membahas tentang susunan planet dalam sistem tata surya kita.
Di dalam sistem tata surya kita, ada 8 planet mengitari matahari sebagai pusatnya. Planet-planet tersebut mengitari matahari sesuai dengan jalurnya yang disebut orbit. Planet-planet melakukan 2 gerakan yaitu revolusi  dan rotasi.
Revolusi adalah pergerakan planet-planet mengelilingi matahari. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda-beda untuk mengelilingi matahari. Rotasi adalah pergerakan planet-planet yang bertumpu pada masing-masing sumbu planet tersebut. Seperti halnya revolusi, rotasi setiap planet juga memiliki waktu yang berbeda-beda.
Nah sekarang inilah 8 nama planet-planet tersebut :
1.    Merkurius
Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan matahari. Jarak planet merkurius ke matahari adalah 57,9 juta km. Planet merkurius tidak memiliki satelit alami. Kala rotasi merkurius adalah 59 hari dan kala rotasinya 88 hari.


2.    Venus
Venus merupakan planet kedua dalam susunan tata surya dan juga planet yang terdekat dengan bumi. Karena ukuran bumi dan venus hampir sama, planet venus dijuluki sebagai saudara planet bumi. Jarak venus ke matahari adalah 108,2 juta km.
Planet venus sering disebut bintang senja dan bintang fajar karena planet venus biasa terlihat disebelah barat saat matahari terbenam dan biasa terlihat di sebelah timur saat matahari terbit.
Planet venus tidak memiliki satelit alami. Kala rotasi venus 243 hari dank ala revolusinya 225 hari.


3.    Bumi
Bumi merupakan satu-satunya planet yang dihuni oleh mahkluk hidup. Hal tersebut dikarenakan keadaan bumi sangat cocok untuk sebuah kehidupan. Jarak antara bumi dengan matahari sejauh 150 juta km.
Planet bumi memiliki satelit alami yaitu bulan dan beberapa satelit buatan untuk keperluan manusia. Kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit yang disebut satu hari dan kala revolusinya 365 tahun yang disebut satu tahun.


4.    Mars
Planet mars sering disebut sebagai planet merah karena warnanya yang terlihat merah. Warna merah tersebut dikarenakan adanya kandungan besi oksida dipermukaan matahari. Jarak planet mars dengan matahari adalah 247,1 juta km.
Mars memiliki 2 satelit alami yaitu Phobos dan Deimos. Kala rotasinya 24 jam 37 menit dan kala revolusinya 687 hari.
  
5.    Yupiter
Yupiter merupakan planet terbesar dalam sistem tata surya kita. Planet Jupiter merupakan kumpulan gas yang memiliki massa 1/1000 massa matahari. Yupiter memiliki 16 satelit alami diantaranya Lo, Europa, Gannymeda, dan Callisto. Jarak yupiter ke matahari sejauh 778 juta km. kala rotasinya selama 9 jam 50 menit dan kala revolusinya selama 11,9 tahun.


6.    Saturnus
Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah yupiter. Saturnus sering disebut sebagai planet bercincin karena disekitarnya terdapat cincin yang merupakan kumpulan-kumpulan debu yang sudah mengkristal. Jarak saturnus ke matahari sejauh 1.426 juta km.
Saturnus memiliki 18 satelit alami yang paling besar bernama Titan. Kala rotasi saturnus 10 jam 14 menit dan kala revolusinya 29,5 tahun.


7.    Uranus
Uranus merupakan planet yang paling ringan dalam sistem tata surya kita. Uranus ditemukan oleh Sir William Herschel pada tanggal 13 maret 1781.
Uranus memiliki 18 satelit diantaranya Miranda, Ariel, Umbriel, Titania dan Oberon. Jaraknya ke matahari sejauh 2.880 juta km, dengan kala rotasi 17 jam dank ala revolusi 84 tahun.


8.    Neptunus
Neptunus merupakan planet terakhir dalam sistem tata surya. Neptunus memiliki 8 satelit diantaranya Triton, Nereid, dan Proteus. Jaraknya ke matahari sejauh 20896 juta km. kala rotasinya 6 jam dan kala revolusinya 165 tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar