Jumat, 19 Februari 2016

PERCOBAAN PENGUJIAN KANDUNGAN GIZI



Percobaan yang berkaitan dengan sistem pencernaan biasanya tentang kandungan gizi dalam makanan. Sekarang akan kita bahas bagaimana percobaan tersebut.

1.    Percobaan pengujian kandungan karbohidrat.
Untuk menguji kandungan amilum/karbohidrat dalam makanan, kita bisa menggunakan larutan iodin ataupun lugol. Jika larutan tersebut diteteskan ke makanan yang mengandung karbohidrat maka warnanya akan berubah menjadi biru kehitaman.


2.    Percobaan pengujian kandungan glukosa
Untuk menguji kandungan gula dalam makanan kita bisa menggunakan larutan fehling A+B dan larutan benedict. Saat diteteskan ke makanan yang mengandung gula, larutan akan berubah warna menjadi merah bata.

3.    Percobaan pengujian kandungan protein
Kita bisa menggunakan indikator berupa larutan biuret yang akan berubah menjadi warna ungu apabila makanan yang diuji positif mengandung protein.

4.    Percobaan pengujian kandungan lemak
Pengujian ini tidak harus menggunakan larutan, kita bisa menggunakan kertas. Makanan yang akan diuji dioleskan ke kertas, apabila kertas berubah menjadi transparan berarti makanan yang diuji mengandung lemak.

5.    Percobaan pengujian vitamin C
Menggunakan indikator larutan yodium. Jika larutan yang mengandung vitamin C diteteskan ke larutan yodium, lama-lama larutan yodium akan menjadi jernih.

Nah.. itu yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga sangat bermanfaat bagi kita semua....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar